Kamis, 08 Desember 2011

Analisis SIG untuk Bank

(BAGIAN I)

Fungsi utama dari Bank adalah menghantarkan layanan finansial dan produk finansial kepada customer atau pelanggan. Dilain pihak kesuksesan Bank saat ini sangat dipengaruhi oleh market (market driven). Model bisnis terpusat pada pelanggan mampu menjawab tantangan yang dipengaruhi oleh market tersebut.

Bank mengelola data pelanggan yang sangat banyak, dengan menambahkan kata ‘lokasi’ yang dapat di urus oleh SIG/GIS, bank dapat memperoleh berbagai keuntungan dari hal tersebut.

Apa yang bisa dilakukan GIS untuk urusan Bank?

GIS mampu mensupport Bank dalam decision making and strategic planning seperti :

a. Customer analysis, analisis ini menjawab pertanyaan, dimanakah pelanggan anda, apa karakteristik pelanggan tersebut( segmentasi pasar, klasifikasi tempat tinggal pelanggan), dimana saja catchment area dari cabang-cabang bank anda, daerah mana yang tidak dapat dilayani.

b. Competitor analysis, dimana lokasi kompetitor anda, mampu menangkap customer dimana saja dalam segmen pasar bank tersebut.

c. Marketing terfokus, dengan memperhatikan lokasi dan karakteristik kustomer, strategi advertising pun bisa lebih fokus dan mengena, karena bisa sangat lokal.

d. Rencana Ekspansi Bisnis, rencana bisnis ini memerlukan pemodelan lokasi yang relevan, fast cost-effective site analysis yang reliabel. Variabel seperti lokasi konsentrasi area komersial, konsentrasi tempat-tempat kerja, tempat tinggal kustomer, karakteristik demografis, land cost, traffic transportation pattern dan lainnya digunakan dalam pemodelan ini.

(...bersambung...)

sumber : gisdevelopment. net

Tidak ada komentar: